About me

Monday 24 November 2008

sampah pun ada etikanya...

hampir tiap detik kita akan menerima beberapa e-mail. Namun banyak sekali sekarang, email ayng tak jarang menyesatkan dan bahwa membuat orang mencari seperti di hipnotis di dalamnya. Mungkin masih ingat dengan kabar di indonesia matahari akan bersinar lebih alama dan akan menyinari indonesia lebih panas dalam beberapa tahun atau dekade ke belakang. belum lagi, informasi tentang adanya gempa yang berpotensi tsunami, yang sampai-sampai melibatkan nama TV besar sekaliber CNN, namun tetap berita itu hanyalah isapan jempol saja, yang tak lebih hanya membuat si pembaca e-mail tersebut seperti orang yang terhipnotis dengan seolah meng-amin-kan semua isi di dalamanya.

E-mail seperti ini biasanya di samapaikan dalam bentuk mailist yang membuat orang di dalmnya beraksi yang berbeda. Mari kita tengok salah satunya tentang karikatur Nabi Muhammad yang membuat semua orang terhenyak akan kebenarannya. Ini membuat keadaan yang mungkin tak terbayang sebelumnya saat si penulis coba untuk menampilkannya (
tenatang bertujuan tertentu atau mencari sensasi saja).

Dengan kejadian di atasnya mestilah kita( blogger-red) menyadari rimba dunia maya ini juga harus memilki sopan santun yang dijaga. Baik itu "sampah-sampah" yang ada di rimba tersebut, entah sengaja dibuang atau memang tak tersadari akan menjadi sampah. Sopan santun di dalamnya yang telah disampaikan pada salah satu surat kabar adalah bagaimana sebuagh blog tidak menampilkan apa yang disebut dengan unsur-unsur yang melecehkan, mengeksploitasi, dan mengkat isu-isu yang SARA ( terlebih pada negara semajemuk INDONESIA). Selain itu, apabila seseoarng menerima" sampah" tersebut hendaknya tidak menyebarkannya sebaba amat berbahaya bagi setipa penghuni rimba ini. Demikian juga, apabila samapah tersebut didapat tidak ada salahnya membuat proses daur ulangnya. Daur ulangnya di sini di maksudkan adalah bagaimana si pnerima berita tersebut mencoba mengklarifikasikannya dengan mencari informasi di dunia maya sendiri dan atau dapat menanyakan ke pada pengirimnya agar si penulis menyadari blog yang ditulisnya bukanlah blog yang dapat membohongi pembaca atau penghuni rimba maya ini.

semoga dengan demikian samapah yang telah di atur dalam etika2 tersebut dapat membuat semua penghuni di rimba maya ini aman, adn bahkan lebih merasa nyaman dengan berita atau contentnya yang dapat dipercaya bahkan menambah pengentahuan.

1 comments:

Males ah yang ginian. Kurang menarik.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More