About me

Thursday 26 February 2009

Kate Winslet : Award Not Bottle Shampoo




Kate Winslet aktris kelahiran Inggris pada 5 Oktober 1975, ini akhirnya memenangkan Academy Award lewat permainan apiknya dalam film The Reader. Kemunculannya di dunia peran sendiri, bukanlah hal yang baru sebab keluarga Kate sendiri adalah orang-orang juga bergulat dalam dunia peran itu sendiri. Ia menjalani karir akting profesionalnya setelah saat berusia 11 tahun ia muncul menjadi penari untuk sebuah produk sereal. Kemudian ia mulai kerap muncul di panggung pertunjukan, dan berbagai sitkom.

Gebrakan dalam karirnya, di mulai saat ia bermain sebagai aktris pendukung dari sebuah film arahan Ang Lee, Sense and Sensibility, yang langsung mendapatkan ganjaran penghargaan dari British Academy Award dan ia juga masuk untuk pertama kalinya dalam nominasi Oscar untuk kategori Aktris Pendukung terbaik. Ia sering dianggap sebagai aktris yang mempunyai imej yang kental akan peran-peran tipe film-film festival. Namun akhirnya ia juga mengukuhkan diri sebagai salah aktris komersial kenamaan lewat peran sebagai Rose Dewitt dalam film terlaris sepanjang zaman Titanic. Film ini berbuah manis, ia masuk dalam nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik, sekaligus menjasi aktris termuda yang pernah 2 kali masuk nominasi Oscar. Namun setelah kemasyuran Titanic, Kate lebih banyak muncul dalam berbagai peran di film-film independent yang justru semakin mengukuhkan sebagai aktris dengan kematangan akting yang di atas rata-rata akris komersial yang lainnya.Bahkan Halle Berry yang pernah menjadi Akrtis terbaik Oscar pun menggangap Kate adalah salah satu idolanya di dunia perfilman.

Kemudian saat Golden Globe diumumkan tahun ini, Istri sutradara Sam Mendes ini, kembali menjadi pembicara oleh kritikus film yang sering menyanjung aktingnya setelah ia menang 2 Piala Golden Globe sekaligus, yang merupakan ajang pemanasan sebelum Academy Award. Sentak keberhasilannya membawa 2 Golden Globe, membuat semua orang sepakat memberikan Academy Award tahun ini dibawa pulang olehnya, lewat perannya sebagai Hanna Schmitz, seorang penjaga kamp Aushchmitz dalam The Reader yang menjalin hubungan dengan seorang pemuda belia. “ Semasa kecil aku bermimpi membawa pulang piala ini, aku berpura-pura membawa botol shampoo tapi sekarang Academy Award yang sudah saya bawa pulang bukan botol shampoo lagi” demikian petikan acceptance speech Kate Winslet dari panggung Kodak Theater.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More