About me

Friday 13 February 2009

Please Read The Letter


Kejutan demi kejutan terjadi di malam puncak Grammy Award yang ke- 51. Dengan mengambil lokasi di Staples Center, Los Angeles, Minggu (08/02), perhelatan pun dimulai. Banyak nama-nama besar bermunculan, berjalan di red carpet. Dari red carpet banyak pertanyaan mulai bermunculan. Sebut saja, pakaian-pakaian yang dikenakan yang tampak indah dan pakaian buruk yang tetap saja menjadi fenomena wajib di acara penghargaan seperti ini, sampai tidak terlihat beberapa nama besar. Sebut saja Diva RnB, Beyonce. Jay-Z tampak memasuki pelataran red carpet seorang diri. Kemana gerangan sang istri?

Malam penghargaan dimulai, setiap kategori mulai dibacakan satu persatu. Lil wayne yang menjadi salah satu pemimpin jumlah nominasi, hanya boleh berpuas dengan membawa empat grammy termasuk best rap album untuk Tha Carter III, yang merupakan album USA yang terlaris di Amerika tahun 2008 lalu. Coldplay pada Grammy kali ini hanya membawa tiga Grammy. Chris dan para pentolannya memenangi kategori song of the year for "Viva La Vida yang pada beberapa waktu yang lalu dituduh mengambil bebrapa nada dari maestro Joe Satriani. Selain itu juga memenangkan best rock album for "Viva La Vida Or Death And All His Friends." Kejutan lain adalah menagnya Jennifer Houdson untuk kategori album R & B di ajang Grammy. Setelah menjadi salah satu yang terbaik di Oscar pada tahun 2008, kini Jennifer pun menjadi salah satu deretan Diva-Diva RnB.

Kejutan terbesar adalah menangnya salah satu vokalis legandaris dari Ingris Robert Plant. Led Zeplin yang merupakan band yang membuat namanya besar, tidak menjadi salah satu prioritas pada beberapa tahun belakangan, sebab band ini baru-baru ini menyatakan ingin melakukan reuni besar setelah kematian sang drummer John Bonham, dan Robert memilih untuk tidak banyak terlibat. Namun Robert Plant punya ide baru, dengan mengajak Queen of Bluegrass Alison Krauss dengan bantuan racikan dari produser dengan T-Bone Burnett maka lahirlah album Raising Sand yang merupakan album duet pertama Plant.

Plant yang merupakan lelaki kelahiran Birmingham (Inggris), 20 Agustus 1948, ini menyabet lima Grammy untuk kategori Record of the Year untuk lagu "Please Read The Letter", Album of the Year untuk album Raising Sand, Best Pop Collaboration with Vocals untuk lagu "Rich Woman", Best Country Collaboration with Vocals untuk lagu "Killing the Blues", dan Best Contemporary Folk/Americana Album untuk album Raising Sand. Record of the year yang merupakan kategori terbesar Grammy, berhasil pula ditaklukkan setelah mengalahkan mengalahkan Adele, peraih penghargaan Best New Artist, yang berhadapan di kategori Record of the Year, demikian juga band-band kawakan masa kini, Coldplay dan Radiohead, yang merupakan salah satu langganan Grammy. Selain itu, lewat lagu "Please Read The Letter", teman duet Plant, Alison Krauss menjadi salah satu pengumpul Grammy terbanyak setelah berhasil mengumpulkan 26 Grammy, seperti nama- nama besar seperti Pierre Boulez (composer asal Perancis), Sir Georg Solti ( konduktor klasik) dengan 31, dan Quincy Jones dengan 27.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More